PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE – A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 9 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012

DEWI, IDA AYU GEDE SRI SANTIKA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE – A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 9 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3. skripsi finaL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Cakranegara yang masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya minat, motivasi dan keaktifan belajar siswa untuk mengikuti kajian-kajian ilmu sosial. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 9 Cakranegara. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 9 Cakranegara dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 9 Cakranegara yang terdiri dari 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan pendekatan deskriptor kualitatif untuk menentukan data hasil observasi prilaku mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata skor aktivitas siswa 73,91% dan hasil belajar siswa 80,60 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88,46%. Sedangkan perilaku mengajar guru yang terlaksana yaitu 75,87%. Pada siklus II nilai aktivitas belajar siswa mencapai 91,30% dan nilai rata-rata siswa yaitu 88,07 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 100%. Adapun aktivitas mengajar guru dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match sebesar 93,10%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 9 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth, Hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:09
Last Modified: 31 Aug 2018 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item View Item