AZMI, HAPIZATUL (2011) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 5 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Revisi.rtf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SDN 5 Masbagik Utara. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran lebih terpusat pada guru dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SDN 5 Masbagik Utara tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik tari bambu berkelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 5 Masbagik Utara yang berjumlah 30 orang. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi, penilaian aktivitas siswa, dan penilaian produk. Data aktivitas guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor prestasi belajar siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa adalah 70,47 dengan ketuntasan 70%. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 81,66 dengan ketuntasan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SDN 5 Masbagik Utara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Teknik tari bambu, Prestasi belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 04:15 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 04:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7598 |
Actions (login required)
View Item |