PENERAPAN TEKNIK SKRAMBEL PARAGRAF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEMESTER I KELAS IV SDN NYURLEMBANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PURNAMIYANTI, NI LUH (2011) PENERAPAN TEKNIK SKRAMBEL PARAGRAF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEMESTER I KELAS IV SDN NYURLEMBANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman pada siswa semester I kelas IV SDN Nyurlembang tahun pelajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Dikatakan demikian karena masih ada siswa yang belum mencapai nilai dengan KKM yaitu 60. Hal tersebut karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton tidak banyak mendorong pencapaian keterampilam membaca sehingga siswa kurang antusias dan tidak tertarik dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara konkret penerepan teknik skrambel untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas IV di SDN Nyurlembang. Tujuan lain dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai perubahan prilaku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dengan teknik skrambel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Nyurlembang yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ≥ 75 % siswa memperoleh nilai ≥ 60. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 7,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68,57 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 8,14 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 94,27 %. Jadi dengan penerapan teknik skrambel, maka dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas IV SDN Nyurlembang tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik skrambel, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:14
Last Modified: 30 Aug 2018 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item