PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV DI SDN 36 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Wartini, Nopy Wiwik Hendra (2011) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV DI SDN 36 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02 ISI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalka kemampuan belajar siswa, sehingga siswa dapat mengatasi hambatan belajar (baik itu membaca, menulis, berhitung dan berfikir secara umum) dan memperbaiki perilaku serta hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 36 Ampenan tahun ajaran 2010/2011 pada tanggal 20 November – 2 Desember. Pada penelitian ini, siswa akan melakukan senam otak. Siswa yang melakukan senam otak adalah siswa kelompok eksperimen saja yaitu siswa kelas IVa . Senam otak dilakukan sebelum pelajaran dimulai. Peneliti bersama siswa kelompok eksperimen melakukan senam otak selama lima kali pertemuan yang meliputi empat kali pertemuan sebelum melaksanakan pembelajaran dan satu kali pertemuan sebelum melaksanakan post test. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data nilai ulangan, foto (dokumentasi) dan data hasil tes siswa. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistic t-test dan menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemberian senam otak dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditandai oleh nilai rata-rata post test yang diperoleh siswa dan didapatkan nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 90,8333 dengan standar devisiasi 9,00337 sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol adalah 80,8333 dengan standar devisiasi 11,64500. Hasil penghitungan uji hipotesis baik dengan menggunakan rumus manual (polled varian) maupun dengan bantuan program SPSS keduanya menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Uji t dengan menggunakan rumus manual (polled varian) diperoleh thitung sebesar 2,40 sedangkan uji t dengan bantuan program SPSS diperoleh thitung sebesar 2,353 dan tα dengan dk = 22 dan taraf signifikansi atau tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,06 maka thitung > tα (2,353/2,40>2,06). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan senam otak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebil besar dari ttabel sehingga hipotesis alternatif diterima yang berarti ada pengaruh positif pnerapan senam otak terhadap hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu melakukan latihan senam otak dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menentukan usaha membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Senan Otak (Brain Gym), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:13
Last Modified: 30 Aug 2018 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item