PENGGUNAAN FLASH CARDS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN 48 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mindarsih, Fetty Ariska (2011) PENGGUNAAN FLASH CARDS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN 48 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi jadi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemapuan membaca siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurang memperhatikan guru didepan kelas, cepat bosan dan sering bermain-main. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media Flash Cards pada pelajaran Bahasa Indonesia SDN 48 Ampenan Tahuan Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus. Namun penelitian ini hanya dilakukan dalam dua siklus dikarenakan target capaian telah terpenuhi pada siklus kedua. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 4 tahapan yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 32 orang siswa terdiri dari 19 laki-laki dan 13 siswa perempuan. Indikator ketercapaian penelitian ini adalah jika aktivitas belajar siswa dan guru mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥85% memperoleh ≥70 Berdasarkan hasil evaluasi siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa 10,17 kategori cukup aktif dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa menjadi 12,80 dengan kategori aktif. Skor aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 10 dan 13,5. Sedangkan rata-rata hasil evaluasi siswa, pada siklus I adalah 68,75 dan pada siklus II adalah 74,38. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang cukup baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 65,63% dan pada siklus II sebesar 87,5 %. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media Flash Cards dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 48 ampenan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan membaca, media flash cards
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:56
Last Modified: 30 Aug 2018 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item