PENGGUNAAN KARTU KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN PUSPALAYA KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH

Ningsih, Bonita Adityah (2011) PENGGUNAAN KARTU KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN PUSPALAYA KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. Isi skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang terampilnya siswa tentang menulis paragraf, kurangnya minat siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, rendahnya kreatifitas belajar siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia, dan penggunaan kartu kalimat di SDN Puspalaya belum pernah dilaksanakan. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu Apakah penggunaan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Puspayala Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf dengan menggunakan kartu kalimat pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Puspalaya Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Sementara itu, penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Puspalaya yang berjumlah 43 orang, sedangkan pengumpulan data yang digunakan yaitu data hasil observasi dan hasil tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa total skor siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar yang diperoleh siswa adalah 60% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 60 untuk hasil kemampuan menulis paragraf, 70 untuk hasil observasi siswa, 86 untuk hasil observasi guru, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 86% dengan nilai rata-rata siswa 69 untuk hasil kemampuan menulis paragraf, 80 untuk hasil observasi siswa, 92 untuk hasil observasi guru. Nilai rata-rata siswa dalam 2 siklus yang telah dilaksanakan mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena siswa lebih aktif dalam kelas. Pada penelitian ini, secara keseluruhan disimpulkan bahwa penggunaan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Puspalaya Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Oleh sebab itu, guru diharapkan dapat menggunakan dan menerapkan kartu kalimat secara efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kartu Kalimat, Paragraf. Ningsih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:07
Last Modified: 31 Aug 2018 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item