PENGGUNAAN MEDIA PARALEL PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010-1011

ROSITA, ROSITA (2011) PENGGUNAAN MEDIA PARALEL PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010-1011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I- V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu penyebabnya karena pada pembelajaran IPA guru kurang dalam menggunakan media dalam menyampaikan materi pelajaran, akhirnya berdampak pada proses pembelajaran IPA seperti siswa merasa bosan, kurang minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penggunaan media paralel puzle pada mata pelajaran IPA SDN 48 Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlas siswa 23 orang. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila rata-rata prestasi belajar meningkat secara signifikan dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥ 85% memperoleh nilai ≥ 60. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa 10.16 yang memilki kategori cukup aktif dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa 13.48 dengan kategori aktif. Skor aktivitas guru pada siklus I siklus II adalah 10 dan 13.5. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I adalah 61.91 dan siklus II dengan rata-rata 73. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut dari siklus I dan II adalah 79.30 % dan 91.30 %. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media parallel puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III SDN 48 Ampenan tahun ajaran 2010 – 2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar, media parallel puzzle.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:05
Last Modified: 31 Aug 2018 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7630

Actions (login required)

View Item View Item