PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SYAHRUNI, SITI ROBIATUL (2011) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUNI september 2011.doc
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi antara peneliti dan guru kelas IV di SD Negeri 22 Mataram diketahui bahwa hasil ulangan tengah semester II pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 22 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dikatakan masih rendah. Menurut hasil tersebut dari 28 siswa yang tuntas belajar hanya 60,71% sedangkan 39,29% nilai siswa dibawah standar Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu ≥ 65 sehingga ketuntasan yang diharapkan belum tercapai. Adapun penyebab rendahnya prestasi belajar IPA siswa adalah karena siswa tidak diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan langsung terhadap materi IPA sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA yang sedang dipelajari. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Bagaimana meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 22 Mataram menggunakan metode eksperimen”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA menggunakan metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini kelas IV semester II SDN 22 Mataram yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada pelaksanaan tindakan diterapkan metode eksperimen, dimana siswa melakukan eksperimen langsung terhadap materi yang sedang dipelajari. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, dimana data kualitatif diperoleh dari data observasi terhadap aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi menggunakan tes tertulis dalam bentuk tes obyektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 68,93 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 71,43%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,93 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 22 Mataram semester II tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi, Metode eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item