PENGGUNAAN TEKNIK PEMODELAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITAPENDEK PADA SISWA KELAS V SDN 30 MATARAM TAHUN 2010/2011

Muawanah, Siti (2011) PENGGUNAAN TEKNIK PEMODELAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITAPENDEK PADA SISWA KELAS V SDN 30 MATARAM TAHUN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIKU.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya nilai KKM menulis pada siswa kelas V SDN 30 Mataram. Rendahnya kemampuan menulis siswa dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan guru di dalam mengembangkan menulis itu sendiri, terutama menulis cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen dengan teknik pemodelan. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dalam siklus, dirancang minimal 2 siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keberhasilan belajar sisswa secara klasikal 80 ℅ dan meningkatnya nilai rata – rata kelas 65. Data menunjukkan pada sisklus I ketuntasan klasikal 56,25 ℅ dan nilai rata – rata kelas 63,90 meningkat menjadi 81,25 ℅ ketuntasan klasikal dan rata – rata kelas 72,34 pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan teknik pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis Cerita Pendek Dengan Teknik Pemodelan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:04
Last Modified: 31 Aug 2018 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7638

Actions (login required)

View Item View Item