PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SAS SISWA KELAS I SDN 26 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

KETIS, NI WAYAN (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SAS SISWA KELAS I SDN 26 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI OKE.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (87MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 26 Ampenan. Adapun permasalahan yang diangkat adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dengan metode SAS siswa kelas I SDN 26 Ampenan tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian dilakukan di SDN 26 Ampenan Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 35 orang siswa. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila rata-rata prestasi belajar telah mencapai 80% dari jumlah siswa yang tuntas. Hasil penelitian belajar siswa SDN 26 Ampenan dapat meningkat dengan diterapkannya metode SAS dalam pembelajaran membaca, hal ini terbukti dari hasil penilaian membaca siswa pada siklus I nilai rata-rata perolehan siswa SDN 26 Ampenan yaitu 62,3 artinya nilainya masih kurang dari nilai KKM (65), sedangkan nilai rata-rata perolehan siswa pada siklus II adalah 71,9 dan lebih tinggi dari nilai KKM (65) artinya sudah mengalami peningkatan sebanyak 8,9.. Untuk prosentase ketuntasan pada siklus I siswa yang tuntas 68,6 % pada siklus II prosentase siswa yang tuntas adalah 82,9 %. Hal ini berarti melebihi dari prosentase ketercapaian (80 %).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode SAS, Membaca nyaring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:06
Last Modified: 31 Aug 2018 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7645

Actions (login required)

View Item View Item