PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS V SDN I PETELUAN INDAH, LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SARI, NI MADE HENY PERMATA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS V SDN I PETELUAN INDAH, LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LATAR BELAKANG.docx
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih berorientasi pada guru (ceramah) dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Sains melalui penerapan metode Inquiry Terpimpin pada siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan dua kali evaluasi dengan jumlah siswa 36 orang. Data hasil belajar dilakukan melalui tes, sedangkan data aktivitas siswa dan guru dilakukan melalui lembar observasi dengan indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa minimal berkatagori aktif dan tercapai ketuntasan klasikal minimal 85% siswa mencapai ≥ 65. Hasil penelitian siklus I dan II menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 68% dengan kategori aktif meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I adalah 70,27 menjadi 80,27 pada siklus II dan persentase ketuntasan klasikal adalah 72% pada siklus I meningkat sebesar 89% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Inquiry Terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Metode Inquiry Terpimpin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:37
Last Modified: 03 Sep 2018 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7651

Actions (login required)

View Item View Item