PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS IV SD NEGERI 33 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

SRIANI, SRIANI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS IV SD NEGERI 33 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
propsl revisi 2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 33 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 33 Mataram yang terdiri dari 37 siswa. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menentukan data hasil belajar siswa, hasil afektif siswa dan hasil observasi perilaku mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 66.18 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 8.10% sedangkan perilaku mengajar guru yang terlaksana yaitu 82.29%. Pada siklus II dengan nilai rerata kelas yaitu 80.69 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88.89%, adapun aktivitas mengajar guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sudah terlaksana dengan baik dengan persentase 84.37%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 33 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:37
Last Modified: 03 Sep 2018 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7652

Actions (login required)

View Item View Item