PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 4 JENGGIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NANDA, NITA ERIKA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 4 JENGGIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENITA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena kebiasaan siswa menggunakan bahasa daerah dan guru belum menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan kurang memotivasi siswa untuk berbicara. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara dengan penggunaan metode bermain peran (Role Playing) mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 4 Jenggik tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan penggunaan metode bermain peran (Role Playing). Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bersifat kolaboratif dan dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif (hasil kemampuan berbicara) dikumpulkan menggunakan instrument kemampuan berbicara, dan data kuantitatif dikumpulkan menggunakan lembar obsrvasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas guru, siswa, dan hasil kemampuan berbicara siswa. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh hasil 52,15%, disiklus II memperoleh hasil 79,32%. Sedangkan kegiatan guru pada siklus I memperoleh hasil 64,81%, disiklus II memperoleh hasil 93,64%. Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dan guru maka terjadilah peningkatan pada kemampuan berbicara siswa dimana pada siklus I memperoleh hasil 40,90% dan disiklus II memperoleh hasil 86,36%. Dengan demikian penerapan metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 4 Jenggik tahun pelajaran 2011/2012. Berpedoman pada hasil penelitian yang dicapai maka metode bermain peran (Role Playing) ini disarankan untuk guru, siswa dan peneliti lain agar diterapkan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan berbicara, role playing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item