PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2010/2011

RIZA, RIZA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 2 Kekeri didominasi oleh metode cermah daj kurangnya variasi gaya mengajar guru dalam proses pembelajaran di kelas ( dari hasil observzsi di kelas V SDN 2 Kekeri). Akibatnya komonikasi antara guru dan siswa hanya berjalan satu arah saja. Siswa cenderung menunggu informasi dari guru dan tidak usaha mencari informasi lain. Hal ini berdamak pada kurangnya keaktifan siswa dalam roses pembelajaran dan haslnya akan baik jika metode yang digunakan dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah bermain peran pada pokok bahasan drama.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkan kemamuan berbicara siswa kelas V SDN 2 Kekeri pada materi drama. Jenis penelitian kelas in adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan sejumlah siklus. Setiapsilkus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen kegiatan siswa dan hasil observasi guru untuk sejauh mana tingkat penggunaan RPP yang telah digunakan peneliti dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunkan metode bermain peran. Indikator keberhasilan dari pemelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan ketuntasan klasikal ≥ 80% dengan ketuntasan siswa dengan skor 66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa psa siklus I 67,68 dengan ketuntasan klasikal 72% dan jumlah siswa yang tuntas senanyak 18 siswa, dan siswa yang tuntas sejumlah 7 siswa dan tergolong dalam katagori aktif. Dada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat mencapai 78,36 dengan ketuntasan klasikal 100% dan jumlah siswa yang tuntas 25 siswa. Pada siklus III, nilai tara-rata siswa mencapai 80,52dan ketuntasan klasikal mencapai 100% sehingga tergolong katagori sangat aktif. Berdasaekan data di atas, dapat disimulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 2 Kekeri dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemamuan Berbicara, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:36
Last Modified: 03 Sep 2018 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7659

Actions (login required)

View Item View Item