PERILAKU SINTAKTIS SUFIKS /-AN/ DALAM BAHASA SASAK DIALEK NGENO-NGENE DI DESA DASAN BARU KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Silfiana, Ana (2016) PERILAKU SINTAKTIS SUFIKS /-AN/ DALAM BAHASA SASAK DIALEK NGENO-NGENE DI DESA DASAN BARU KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI_ANA SILFIANA (NIM. E1C112006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah perilaku sintaktis sufiks /-an/ dalam bahasa Sasak dialek Ngeno-Ngene di Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat? (2) bagaimanakah makna sintaktis sufiks /-an/ dalam bahasa Sasak dialek Ngeno-Ngene di Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat? Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskripstif yang artinya data yang dihasilkan diuraikan berupa kata-kata. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode introspeksi, simak, dan cakap, sedangkan penganalisisan datanya menggunakan metode padan intralingual dan distribusional. Selanjutnya, data disajikan menggunakan metode informal dan formal. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan perilaku sufiks /-an/ dalam bahasa Sasak dialek Ngeno-Ngene di Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Di dalam proses morfologis sufiks /-an/ dapat melekat pada bentuk dasar verba, nomina, dan adjektiva dan dapat membentuk verba aktif. Selanjutnya perilaku sufiks /-an/ pada tataran sintaksis dapat membentuk verba transitif dan verba dwitransitif. Sufiks /-an/ dapat membentuk verba transitif ababila ia melekat pada bentuk dasar adjektiva dan nomina. Jenis nomina yang dilekatinya ialah nomina yang dapat dipakai atau dipasang pada anggota seluruh badan. Sufiks /-an/ dapat membentuk verba dwitransitif apabila ia melekat pada bentuk dasar verba dan nomina. Jenis nomina yang dilekatinya ialah nomina yang digunakan untuk mengerjakan suatu tindakan atau pekerjaan. Makna yang ditimbulkan setelah sufiks /-an/ melekat pada bentuk dasar adjektiva dan nomina dan membentuk verba aktif transitif yaitu menyatakan makna melakukan perbuatan yang sengaja dilakukan yang tersebut pada bentuk dasar. Makna selanjutnya yang timbulkan setelah sufiks /-an/ melekat pada bentuk dasar verba dan nomina dan membentuk verba aktif dwitransitif yaitu menyatakan makna melakukan perbuatan untuk orang lain yang tersebut pada bantuk dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Morfem, Sintaktis, Verba Transitif, Verba dwitransitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 09 Sep 2017 03:05
Last Modified: 09 Sep 2017 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item