Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menerapkan Peta Konsep Pada Pelajaran Bahasa Indonseia Semester II Kelas III SDN 43 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010

Astiti, Desak Kadek Tusti (2011) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menerapkan Peta Konsep Pada Pelajaran Bahasa Indonseia Semester II Kelas III SDN 43 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi bu desak.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar baca terutama membaca pemahaman dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas III di SDN 43 Mataram. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah pada penelitian ini adalah, Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 43 Mataram?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan strategi pembelajaran peta konsep pada kelas III SDN 43 Mataram. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data dikumpulkan dengan observasi untuk kegiatan pembelajaran dan tes untuk prestasi belajar siswa. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa nilai rata – rata membaca pada siklus I adalah 62,06, pada siklus II nilai rata – ratanya 65,3, dan pada siklus III nilai rata – ratanya meningkat menjadi 78,59. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I hanya 65,85 %, pada siklus II mencapai 73,17 % ( masih di bawah ketuntasan yang ditetapkan ), sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 97,56 % ( melebihi ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85 %). Hal ini berarti penelitian pada siklus III ini dikatakan berhasil. Dengan demikian penelitian ini dihentikan pada siklus III yang berarti hipótesis penelitian ini diterima yakni dengan strategi peta konsep maka kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 43 Mataram dapat ditingkatkan/meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cermat, teliti, relevan, lancar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item