PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KOSA KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 2 SEPIT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

FITRIANA, ANA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KOSA KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN 2 SEPIT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPOSAL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM ) yaitu 65. Khususnya pada mata pelajaran membaca di SDN 2 Sepit. Salah satu cara untuk membantu meningkatan kemampuan membaca permulaan adalah dengan melaksanakan teknik permainan kosa kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas II di SDN 2 Sepit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui observasi, dan istrumen penilaian kemempuan membaca permulaan siswa. Data diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71.11 dan nilai rata-rata kelas baru mencapai 64.20, presentase ketuntasan kemampuan membaca siswa 68%. Jumlah siswa yang tuntas adalah 17 orang dan yang belum tuntas 8 orang. Siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai 89.72 dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai 73.00, Presentase ketuntasan kemampuan membaca siswa mencapai 88%. Jumlah siswa yang tuntas adalah 22 orang, sedangkan yang belum tuntas 3 orang. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca Permulaan Teknik, Permainan Kosa Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item View Item