PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS V SDN 1 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HADI, ERWIN (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS V SDN 1 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengidentifikasi unsur cerita anak siswa kelas V SDN 1 Rumak tahun pelajaran 2010/2011. Guru kurang menggunakan model pembelajaran bervariasi yang menyebabkan pembelajaran pada aspek mendengarkan menjadi monoton dan membosankan, sehingga siswa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran pada aspek mendengarkan cerita anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita anak siswa kelas V SDN 1 Rumak Tahun Pelajaran 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini adalah pembelajaran pada aspek mendengarkan cerita anak bagi siswa terasa lebih menarik dan tidak membosankan, untuk guru sebagai acuan dalam menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi cerita anak, dan untuk sekolah sebagai informasi tambahan mengenai strategi mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 25 dimana pada siklus I 58,75 menjadi 83,75 dengan kategori aktif. Ketuntasan klasikal siklus I 62,85% dan pada siklus II 91,42% peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 28,57% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur cerita anak siswa kelas V SDN 1 Rumak tahun pelajaran 2010/2011, dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition perlu diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok cerita anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan mengidentifikasi, unsur cerita anak, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7682

Actions (login required)

View Item View Item