PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PENGELOMPOKAN SISWA KELAS IV SDN 1 PETELUAN INDAH KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010-2011

LIANAWATI, LIANAWATI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PENGELOMPOKAN SISWA KELAS IV SDN 1 PETELUAN INDAH KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik pengelompokan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Peteluan Indah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri 1 Peteluan Indah dengan menerapkan teknik pengelompokan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subyek penelitian siswa-siswi kelas IV SD Negeri 1 Peteluan Indah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan pengambilan nilai melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siswa mengikuti pembelajaran menulis karangan dengan teknik pengelompokan, nilai rata-rata belajar siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata belajar siswa adalah 65,69 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 79,06%. Pada siklus II nilai rata-rata belajar siswa yang diperoleh 72,20 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 88,37% atau meningkat 9,31% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 1 Peteluan Indah dapat ditingkatkan dengan menerapkan teknik pengelompokan. Untuk itu diharapkan kepada guru khususnya di SDN 1 Peteluan Indah, agar dapat menerapkan teknik pengelompokan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama pokok bahasan menulis karangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, Kemampuan Menulis, Teknik Pengelompokan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:28
Last Modified: 03 Sep 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7685

Actions (login required)

View Item View Item