KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH : ANALISIS TATARAN LINGUISTIK

ISTIQAMAH, NUR (2016) KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH : ANALISIS TATARAN LINGUISTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI_NUR ISTIQAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesalahan berbahasa Indonesia masih banyak terjadi dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram. Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang ada perlu dilakukan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan- kesalahan berbahasa Indonesia dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) bagaimanakah kesalahan berbahasa Indonesia dari aspek fonologi dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram; (2) bagaimanakah kesalahan berbahasa Indonesia dari aspek morfologi dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram; (3) bagaimanakah kesalahan berbahasa Indonesia dari aspek sintaksis dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi dengan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam skripsi mahasiswa Program Studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Mataram mencakup kesalahan berbahasa Indonesia tataran linguistik. Kesalahan tataran linguistik meliputi (a) kesalahan aspek fonologi berupa, perubahan fonem, penghilangan fonem dan penambahan fonem; (b) kesalahan aspek morfologi berupa penggunaan kata depan di yang tidak tepat; serta (c) kesalahan aspek sintaksis berupa penggunaan kalimat yang tidak efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesalahan Berbahasa, Kesalahan Berbahasa Aspek Fonologi, Aspek Morfologi, Aspek Sintaksis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 09 Sep 2017 03:05
Last Modified: 09 Sep 2017 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item