EFISIENSI USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI BERBASIS RUMPUT LAUT DI KOTA MATARAM

Edy Wahyudi, Edy Wahyudi (2018) EFISIENSI USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI BERBASIS RUMPUT LAUT DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Efisiensi Usaha dan Strategi Pemasaran Produk Agroindustri Berbasis Rumput Laut di Kota Mataram adalah sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di Kota Mataram dan bertujuan untuk: (1). Mengetahui efisiensi usaha produk agroindustri berbasis rumput laut di Kota Mataram(2). MengetahuiStrategi pemasaran produk agroindustri berbasis rumput laut di Kota Mataram (3). Mengetahui hambatan - hambatan dalam usaha produk agroindustri berbasis rumput laut di kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif”, dengan unit analisis usaha agroindustri rumput laut di Kota Mataram. Penentuan responden dilakukan secara purposive sampling berdasarkan jenis produk yang dihasilkan. Data yang ada terdiri dari data primer dan data sekunder, dan jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif untuk efisiensi usaha dan kualitatif untuk pemasaran produk agroindustri. Data yang dikumpulkan meliputi efisiensi usaha dari hasil wawancara langsung dengan responden (pengusaha). Untuk menganalisis efisiensi usaha menggunakan analisis RC Rasio. Untuk pemasaran sendiri menggunakan analisis marketing mix. Hasil analisis R/C rasio untuk efisiensi usaha produk agroindustri berbasis rumput laut di kota mataram sebagai berikut a. Produk manisan rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 1,30 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,30 b. Produk jelli rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 1,17 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,17 c. Produk dodol rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 1,20 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,20 d. Produk krupuk rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 1,48 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,48 e. Produk tortilla rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 2,00 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 2,00 f. Produk stik rumput laut merupakan produk yang efisien hal ini ditunjukan dengan R/C rasio 1,01 yang berarti setiap Rp 1 biaya yang dikeluarkan akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,01. Hasil analisis marketing mix untuk strategi pemasaran produk agroindustri berbasis rumput laut di kota mataram sebagai berikut: a. Strategi pemasaran ditinjau dari segi produk agroindustri berbasis rumput laut, ialah produk yang diproduksi memiliki varian rasa yang bermacam – macam seperti rasa jambu,strawberi, mangga, melon nanas, nangka, sirsak dan melon, dan produk tersebut juga diberi merk seperti Mandalika, Sepasang Merpati, Ares, Askot, Dedare Sasak, dan Lombok Food. Pesan yang ingin disampaikan perusahaan melalui produknya adalah untuk mengonsumsi makanan tanpa MSG dan bahan pengawet b. Strategi pemasaran ditinjau dari segi harga ialah ditentukan dengan melihat biaya produksi dan keuntungan yang ingin diperoleh, dan potongan harga diberikan apabila melakukan pembelian dalam jumlah banyak atau membeli ditempat produksinya langsung c. Strategi pemasaran ditinjau dari segi distribusi ialah ada dua saluran yang pertama produk disalurkan ke toko oleh-oleh seperti sasaku, amelia, lestari dan anjani, kedua produk dapat dibeli langsung ketempat produksi dan persediaaan produk dilakukan untuk menjaga stok permintaan mendadak dari konsumen. d. Strategi pemasaran ditinjau dari segi promosi ialah Melalui pameran makanan yang biasa diselenggarakan oleh pemerintah terkait. Menggunakan brosur, membagikan brosur ke tempat tempat yang strategis Menggunakan sosial media, promosi online yang hanya dilakukan oleh UD Ares. Hambatan yang sering ditemukan pengusaha adalah cuaca yang sering berubah ubah karna mempengaruhi kualitas bahan baku dan juga berpengaruh terhadap produktivitas serta kualitas produk. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi Usaha, Strategi Pemasaran, Rumput Laut.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:27
Last Modified: 03 Sep 2018 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7694

Actions (login required)

View Item View Item