PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 02 JATISELA TAHUN AJARAN 2010/2011

Iswanti, Puji (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 02 JATISELA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II,III,IV baru 97-2003 - Copy.doc
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengarang terutama dalam mengembangkan daya imajinasinya. Selain itu, juga karena kurangnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penerapan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 02 Jatisela dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi dengan penerapan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan model classroom action research yang lazim disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengolah data dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berupa data aktivitas siswa maupun guru, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar berupa hasil evaluasi menulis. Dari hasil penelitian pada aktivitas siswa disiklus I persentase ketuntasan 65% berkategori cukup aktif dan siklus II 83,12% berkategori aktif dengan peningkatan sebesar 18,12%. Sedangkan aktivitas guru disiklus I persentase ketuntasan 64,37% berkategori cukup baik dan disiklus II 80,62% berkategori baik, hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,25%. Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa maupun guru, maka terjadilah peningkatan hasil belajar siswa sebesar 33% dari persentase ketuntasan disiklus I 48% menjadi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 02 Jatisela tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan menulis, karangan narasi, dan media gambar seri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item View Item