PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 1 MAMBALAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL

HATIYAH, HATIYAH (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 1 MAMBALAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan di SDN 1 Mambalan Kecamatan Gunung Sari yang dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran IPS. Selama ini murid dianggap kurang berfikir karena memang isi materi pelajaran kurang menantang siswa untuk berfikir. Mengajarkan cara siswa untuk menemukan konsep dan generalisasi adalah salah satu cara untuk membantu berfikir untuk menemukan konsep mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menerapkan metode Pembelajaran Kooperatif tipe Berkirim Salam dan Soal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai konsep pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Mambalan tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mambalan Kecamatan Gunung Sari sebanyak 19 siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap dilaksanakan dalam satu kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi. Data penguasaan konsep siswa dan aktivitas guru dikumpulkan dengan teknik observasi melalui lembar observasi setiap siklus. Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh untuk ketuntasan hasil belajar Pada siklus I penguasaan konsep siswa saat proses pembelajaran mencapai 42,10% dari 8 orang siswa yang tuntas dari jumlah 19 siswa, pada saat pemberian tes mencapai 36,84% dari 7 orang siswa yang tuntas dari jumlah 19 siswa. Pada siklus II yaitu ketuntasan belajar pada saat proses pembelajaran mencapai 73,68% dari 14 orang siswa yang tuntas dari jumlah 19 siswa , pada saat pemberian tes mencapai 84,21% dari 16 orang siswa yang tuntas dari jumlah 19 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningakatan penguasaan konsep siswa dengan penggunaan metode kooperatif tipe berkirim salam dan soal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tipe Berkrim Salam Dan Soal, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7709

Actions (login required)

View Item View Item