PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Slimulana, Eka (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA SDN 15 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi 2011.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas IV SDN 15 Ampenan pada hasil ulangan matematika khususnya pecahan, yang mendapat nilai lebih dari 60 hanya 35%. Oleh sebab itu diperlukan suatu usaha untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang melatih siswa berpikir tingkat tinggi. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode problem solving. Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah “bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika siswa SDN 15 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 melalui metode problem solving?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa SDN 15 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 melalui metode problem solving. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 15 Ampenan sebanyak 36 siswa. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikut. Pada siklus pertama hasil aktivitas belajar siswa 64% (cukup aktif), hasil aktivitas guru 82% (sangat baik), dan hasil prestasi belajar siswa 67% (baik) dengan perolehan nilai rata-rata 70, jadi taraf seraf siswa pada siklus I adalah 70%. Sedangkan pada siklus kedua hasil aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 92% (sangat aktif), hasil aktivitas guru meningkat menjadi 95% (sangat baik), dan hasil prestasi belajar siswa meningkat menjadi 92% (sangat baik) dengan perolehan nilai rata-rata meningkat menjadi 83, jadi taraf seraf siswa pada siklus II meningkat menjadi 83%, karena sudah memenuhi target yang diharapkan maka proses penelitian dihentikan pada siklus kedua. Kesimpulan yang dapat diambil adalah peningkatan prestasi belajar matematika siswa SDN 15 Ampenan Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui metode problem solving.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item