PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI BERVARIASI PADA SISWA SEMESTER I KELAS IV SDN SURABAYA DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

OKTARINI, LALE RIRIN (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI BERVARIASI PADA SISWA SEMESTER I KELAS IV SDN SURABAYA DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 - BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh banyaknya siswa yang menganggap IPA itu sangat sulit, karena dalam pembelajaran IPA di kelas kurang mengaplikasikan strategi belajar yang baik, sehingga prestasi belajar siswa menjadi rendah. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi bervariasi pada siswa semester I kelas IV SDN Surabaya Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2010/2011”. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi alat indera pada manusia perlu dilakukan perbaharuan strategi belajar yaitu dengan metode diskusi bervariasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi bervariasi pada siswa kelas IV ”. Cara memperoleh data dengan metode test pada akhir pokok bahasan melalui test tertulis dan lembar observasi. Penelitian ini dikatakan berhasil jika kelas yang diajarkan dengan metode diskusi bervariai mencapai ketuntasan 85% dengan minimal KKM 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase siswa tuntas pada siklus I adalah 44,44%. Pada siklus II, prosentase siswa yang tuntas adalah 94,44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, penyusun menyarankan agar guru dalam pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan metode yang sesuai, salah satunya adalah metode diskusi bervariasi sebagai alternatif terutama pada materi alat indra pada manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode diskusi bervariasi, prestasi belajar, dan alat indera pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:25
Last Modified: 03 Sep 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7711

Actions (login required)

View Item View Item