Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Script Berbasis Scientific Terhadap Hasil Belajar PPKn

Izzati Yulia, Izzati Yulia (2018) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Script Berbasis Scientific Terhadap Hasil Belajar PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan cooperative learning tipe cooperative script berbasis scientific terhadap hasil belajar PPKn.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Data hasil belajar siswa diambil menggunakan soal tes berupa pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian.Sampel penelitian ini adalah sampel kelas dengan jumlah dua kelas terdiri dari satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimenyang diambil secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terrdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan melihat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol. Disimpulkan terdapat pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning tipe cooperative script berbasis scientific terhadap hasil belajar PPKn siswa. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Script, Scientific, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:52
Last Modified: 04 Sep 2018 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7735

Actions (login required)

View Item View Item