PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

MULIAWATI, LOUISIANA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DAN EKSPOSITORI TERHADAP-- lusiana.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran discovery- inquiry dan ekspositori terhadap hasil belajar koloid ditinjau dari kemampuan awal siswa di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar koloid siswa yang diajarkan menggunakan model discovery-inquiry dan ekspository di SMAN 7 Mataram. (2) Perbedaan hasil belajar koloid siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang belajar melalui model discovery-inquiry dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspository di SMAN 7 Mataram. (3) Perbedaan hasil belajar koloid siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang belajar melalui model discovery-inquiry dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspository di SMAN 7 Mataram. (4) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar koloid siswa SMAN 7 Mataram. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan bantuan Microsoft Excell . Hasil analisis data melalui Uji Anava Dua Jalur dan Uji Anava Satu Jalur menunjukkan: (1) Hasil belajar koloid siswa yang diajarkan menggunakan model discovery-inquiri lebih tinggi daripada menggunakan model ekspositori begitu pula siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kimia siswa. Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran, Kemampuan awal siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:32
Last Modified: 04 Sep 2018 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item