PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD ( Student Team Achievment Division) DI KELAS IV SDN BEBIE LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JANUARNI, LISA (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD ( Student Team Achievment Division) DI KELAS IV SDN BEBIE LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LISA JANUARNI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Bebie yang disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan kurang memadai, sehingga berdampak pada kurangnya aktifitas belajar siswa yang pada akhirnya nilai rata-rata siswa kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah 59 dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Agar prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS meningkat dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satu cara yang cukup efektif adalah melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di SDN BEBIE Desa Aikmual Kec. Praya Kab. Lombok Tengah, pada tahun pelajaran 2010/2011, yaitu bulan Juli sampai dengan November 2010. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bebie Desa Aikmual Kecamatan Praya, yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa yaitu apabila minimal 85% siswa mendapatkan skor lebih besar sama dengan 65. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 66,25 menjadi 73,33 pada siklus II, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa 77% pada siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bebie pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, IPS, Metode Cooperative Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:40
Last Modified: 08 Sep 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item