PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS I SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011

Rakhmawati, Fazmy (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS I SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan oleh guru di SDN 4 Cakranegara, pada mata pelajaran Matematika masih kurang aktif karena kurang optimalnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan umum semester genap dengan rata-rata 4,85 kelas I SDN 4 Cakranegara . Masalah yang diangkat dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan alat peraga papan flanel untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika operasi hitung satuan dengan satuan kelas I SDN 4 Cakranegara tahun pelajaran 2010-2011. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Penjumlahan Satuan Dengan Satuan dengan Penggunaan Alat Peraga Papan Flanel. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan lembar tes/evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penelitian kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan berdasarkan standar yang telah ditetapkan sebelumnya yakni 85% siswa mencapai skor ≥ 65. Adapun persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,28% dan pada siklus II mencapai 95,23%. Pada siklus I diperoleh rata-rata skor belajar sebesar 64,28 dan ketuntasan klasikal sebesar 64,28 ,sedangkan pada siklus II rata-rata skor belajar siswa meningkat menjadi 87,61 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 95,23%. Oleh karena itu, penulis menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan alat peraga papan flanel khususnya pada mata pelajaran Matematika dan tentunya dapat juga digunakan pada mata pelajaran lain yang relevan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Papan Flanel, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:40
Last Modified: 08 Sep 2018 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7773

Actions (login required)

View Item View Item