UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KANO SLOW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ARDIAN, AMENG (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KANO SLOW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMENG ARDIAN (E1E 007 007)_2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 7 Ampenan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif dan dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdapat tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan data hasil observasi siklus I, II dan III diperoleh rata-rata persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal berturut-turut adalah 39% (cukup aktif), 78% (sangat aktif) dan 96% (sangat aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar kognitif pada siklus I, II dan III nilai rata-rata IPS siswa secara klasikal adalah 68 (cukup), 84 (sangat baik), dan 89 (sangat baik). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kano Slow dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 7 Ampenan pada tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kano Slow, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7779

Actions (login required)

View Item View Item