PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK AWAL MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP BIMA TAHUN AKADEMIK 2013/2014

NI SURYANI, NI SURYANI (2014) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK AWAL MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP BIMA TAHUN AKADEMIK 2013/2014. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
2. TESIS BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah morfologi tumbuhan pada program studi Pendidikan biologi STKIP Bima. Penelitian ini diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran Dick and Carey model of instructional design. Hasil validasi perangkat yang yang terdiri dari silabus, satuan acara perkuliahan, lembar kegiatan mahasiswa, instrumen tes keterampilan berpikir kreatif dan tes hasil belajar yang divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator menunjukkan sangat layak dan layak untuk diterapkan pada materi morfologi daun.Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu menggunakan desain penelitian control group pre-test pos-test. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang terdiri dari 4 kelas dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan statistik Anacova dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif ditinjau dari kemampuan akademik awal mahasiswa (0,000 < 0,05); 2) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan akademik awal mahasiswa (0,039 < 0,05); 3) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar ditinjau dari kemampuan akademik awal mahasiswa (0,000 < 0,05); 4) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat kemampuan akademik awal mahasiswa (0,233 > 0,05); 5) ada korelasi antara keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar ditinjau dari kemampuan akademik awal mahasiswa (koefisien korelasi 0,513, sig. 0,000). Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Outdoor Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item