UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V di SDN 10 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MONALISA V.K, EVA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V di SDN 10 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode mengajar yang digunakan oleh guru monoton. Guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat minim. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih rendah. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif mengikutinya maka diterapkan metode diskusi kelompok. Sebab metode pembelajaran ini mendorong siswa untuk saling tukar menukar informasi, mempertahankan pendapat, dan memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan mengoptimalkan penggunaan metode diskusi kelompok serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 10 Montong Betok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 3 siklus terjadi peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 2,72 dengan kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas siswa berturut-turut adalah 3,22 dan 3,38 dengan kategori aktif dan sangat aktif. Selain itu, rata-rata nilai berturut-turut dalam 3 siklus adalah 61,75; 77; dan 81. Rata-rata nilai siswa pada siklus III sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa sudah mampu memahami materi dan sebagian besar siswa sudah berani bertanya kepada guru dan berani mengemukakan pendapat. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, diskusi kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7790

Actions (login required)

View Item View Item