UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS V SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011

ARIANTINI, IDA AYU RIKA (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS V SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bagian awal skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB I ICHA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil observasi prestasi belajar kelas V SDN 11 Cakranegara masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan lebih didominasi dan terpusat pada guru sehingga siswa hanya sebagai pendengar, memperhatikan dan mencatat apa yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hal ini, guru menerapkan metode inquiry dimana siswa tidak diberikan materi dalam bentuk final sehingga siswa yang akan mencari sendiri masalah dan pemecahan dari permasalahan yang dihadapi atau dengan kata lain siswa dituntut untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga tingkat keaktifan siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika (materi pokok sifat-sifat bangun datar) dengan penggunaan metode inquiry pada siswa kelas V B SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 11 Cakranegara yang berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika prestasi belajar siswa terjadi peningkatan rata-rata sebelumnya atau minimal rata-rata ≥63 dan mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, pembelajaran berlangsung secara efektif jika ketuntasan minimal ≥85%. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,59 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,41%. Pada siklus II rata-rata kelas 81,07 dan persentase ketuntasan klasikal 83,33% dan siklus III nilai rata-rata kelas sebesar 86,31 dengan persentase ketuntasan klasikal 93,10%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata dari siklus ke siklus sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar, metode inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:39
Last Modified: 08 Sep 2018 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item