PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGIPESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 GERUNG

ARYANA, I GUSTI MADE RAISUTHA (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGIPESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 GERUNG. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
2_Bab I.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif NHT dan siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif STAD untuk materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gerung pada siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Alam semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan rancanganType Between Group Design dengan Pre-Posttest Design yang dimodifikasi . Populasi penelitian berjumlah 44 siswa terdiri atas dua kelas. Sampel penelitian diambil dari seluruh populasi, dengan penentuan kelas perlakuan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh satu kelas untuk diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dilanjutkan dengan tipe STAD, dan satu kelas untuk diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilajutkan dengan tipe NHT. Dua instrumen pokok penelitian yaitu tes untuk mengukur hasil belajar pengetahuan siswa dan lembar observasi untuk mengetahui sikap siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial untuk data hasil belajar pengetahuan dan analisis statistik deskriptif untuk data sikap siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji -t. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan model pembelajaran kooperatif STAD untuk materi Zat Makanan, Menu Makanan Sehat, Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan Sistem Pencernaan Makanan Manusia, Struktur Jaringan Sistem Pencernaan Ruminansia, dan Penyakit/Gangguan Bioproses Sistem Pencernaan, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung≤ ttabel (p>0.05). Kedua, kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD memiliki nilai rata-rata pengetahuan yang lebih tinggi secara signifikan dibanding kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT untuk materi Body Mass Index (BMI) dan Basal Metalic Rate (BMR) hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai ttabel < thitung (p ≤ 0.05). Ketiga, tidak terdapat perbedaan nilai sikap yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif NHT dan model pembelajaran kooperatif STAD, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung≤ ttabel (p>0.05). Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif NHT, model pembelajaran kooperatif STAD, hasil belajar biologi siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:38
Last Modified: 08 Sep 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item