“ PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA”

ZIKRULLAH, MUHAMAD (2015) “ PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA”. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Model Learning Cycle 5E yang layak digunakan pada pembelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi-oksidasi, 2) mengetahui keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Learning Cycle 5E pada pembelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) mengikuti langkah-langkah model pengembangan four D yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil uji terbatas oleh 6 orang siswa dan 2 orang guru kimia MAN 1 Mataram dan uji validasi oleh 3 orang validator menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Learning Cycle 5E sangat layak digunakan dengan skor masing-masing 3,36, 3,37, dan 3,33 pada rentang skor 0 – 4. Desain penelitian eksperimen menggunakan posttest only design with non-equivalent group dengan 2 kelas sampel, menunjukkan hasil thitung = 5,815 > ttabel = 1,672 pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil penelitian dapat simpulkan bahwa: 1) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Learning Cycle 5E layak digunakan pada pembelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi-oksidasi dan 2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Model Learning Cycle 5E efektif digunakan pada pembelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi-oksidasi. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): LKS Model Learning Cycle 5E, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:38
Last Modified: 08 Sep 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item