PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

WARDIAWAN, ZAMRIZAL (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PENGARUH MODUL.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berorientasi pembelajaran generatif. Rancangan penelitian dan pengembangan dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan uji coba. Studi pendahuluan terdiri dari studi pustaka dan survei awal. Pada tahap pengembangan, diperoleh hasil validasi modul dengan kriteria “ baik”. Tahapan uji coba terbatas pada 10 peserta didik diperoleh nilai N-gain untuk hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains sebesar 0,50 dan 0,58 dengan kategori “sedang”. Tahapan uji coba lapangan dilakukan di SMAN 1 Gunungsari pada kelas X1 dan X2. Hasil uji beda rata-rata untuk hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains diperoleh masing-masing yaitu p = 0,017 dan p = 0,000 , dimana p < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan angket, lebih dari 60% peserta didik memberikan respon positif terhadap modul. Kata Kunci :ains.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Modul Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses S
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:38
Last Modified: 08 Sep 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item