PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 13 AMPENAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Yulianti, Nur Artika (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 13 AMPENAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
coper Q.doc
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 13 Ampenan. Hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian matematika yang diperoleh siswa sebesar 62 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh 51% sementara KKM yang telah ditentukan sekolah sebesar 72 dan ketuntasan klasikal 80%. Hal ini disebabkan oleh metode pengajaran yang dipakai guru di kelas belum bervariatif, masih didominasi oleh metode ceramah, sehingga terjadi kurangnya interaksi siswa dengan guru pada saat proses pembelajaran, begitu pula interaksi siswa dengan siswa juga masih kurang walaupun sudah terbentuk kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebesar 16 pada siklus I dan 19 pada siklus II dengan kategori sangat aktif, nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 75,60 pada siklus I dan 87,95 pada siklus II dan persentase ketuntasan klasikal belajarpun juga meningkat yakni 70,73% pada siklus I dan 93,18% pada siklus II. Karena nilai rata-rata kelas yang sudah mencapai ≥72 dan ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)), Aktivitas Belajar, Matematika dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7808

Actions (login required)

View Item View Item