PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN NYAMPE KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

HADI, LALU SYAIFUL (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN NYAMPE KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN Nyampe,bahwa pada mata pelajaran matematika nilai rata-rata ujian siswa pada semester II tahun pelajaran 2010/2011 masih dibawah standar yang di tetapkan untuk pelajaran matematika yaitu 5,4. Pada mata pelajaran matematika ini nilai rata-ratanya paling rendah bila dibandingkan empat pelajaran penting lainnya. Permasalahan diatas disebabkan oleh Penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang monoton, kurangnya interaksi antara guru dan siswa, kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Nyampe Tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nyampe tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes esay yang diberikan tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar dikatakan telah meningkat apabila mencapai ketuntasan secara kelasikal ≥85% siswa telah mendapat nilai ≥65. Berdasarkan hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II dimana pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 58% sedang pada siklus II sebesar 88%. Hasil ini menunjukkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Nyampe tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item