PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ISNAINI, NURUL (2012) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 7 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PTK Lengkap.doc
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 7 Cakranegara Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan metode inkuiri. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi (4) Refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I belum optimal, guru masih mendominasi pembelajaran dan siswa tampak kurang aktif mengikuti pembelajaran. Nilai rata-rata baru mencapai 68,62 dengan prosentase ketuntasan klasikal 65, 51%. Pada siklus II siswa sudah bisa mendapatkan nilai rata-rata 82,41 dengan prosentase ketuntasan klasikal 89,65%. Aktivitas guru sudah optimal dan siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Perubahan Benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 7 Cakranegara Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7811

Actions (login required)

View Item View Item