ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA SMA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Haqiqi, LL. Zaenal (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA SMA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Tesis 2 - revisi.docx

Download (65kB)

Abstract

. Analisis Kemampuan Pendidik dalam Menerapkan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA di Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc sebagai pembimbing I dan Drs. Lalu Zulkifli, M.Sc, Ph.D sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pendidik biologi dalam menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran biologi kelas X IPA SMA di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengambil data dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Pengambilan sampel dilakukan di 8 SMA se Lombok Timur yang terdiri dari 8 orang guru biologi yang menerapkan kurikulum 2013. Guru biologi di sekolah yang dijadikan tempat penelitian tersebut diberikan angket (instrumen) yang menanyakan tentang bagaimana pelaksanaan penilaian autentik di sekolah tersebut. Kemampuan pendidik dalam merancang alat penilaian autentik adalah baik namun dalam pelaksanaannya masih sangat kurang. Kemampuan pendidik dalam menerapkan penilaian autentik sebanyak 76,25%, sementara mengenai permasalahan yang dihadapi dalam penerapan penilaian autentik dijawab secara verbal oleh pendidik. Kendala pendidik dalam merancang dan menerapkan penilaian autentik antara lain keluhan pendidik yakni terlalu banyak penilaian yang mengakibatkan terlalu banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan, perangkat pembelajarannya terlalu banyak dan ribet, tugas kepada anak didik yang terlalu banyak sehingga menyebabkan anak didik mengeluh; kendala sekolah yakni kurang memadainya alat praktikum biologi, kurangnya pelatihan-pelatihan bagi tenaga pendidik; sementara itu harapan pendidik kepada pemerintah yakni memberikan anggaran yang sesuai, pelatihan-pelatihan, buku penilaian yang sesuai dengan jumlah peserta didik, formatnya dirancang lebih sederhana; peran orang tua sebagai pendamping anak dalam pendidikan yaitu senantiasa memberikan pengawasan, membimbing dan memantau kegiatan belajar anak didik dirumah secara rutin, memberikan motivasi dan menanamkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, mengarahkan anak didik agar banyak berkomunikasi dengan orang tua dan peran masyarakat adalah berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan dilingkungan sekolah, mengambil keputusan dalam rancangan pengembangan sekolah, ikut serta memberikan pengawasan kepada anak didik, memberikan masukan kepada pihak sekolah mengenai apa yang perlu dilaksanakan dan terkait dengan wawancara pelaksanaan penilaian autentik terdiri dari 91 pertanyaaan yakni mengenai pengetahuan tentang penilaian autentik, penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Penilaian autentik, mata pelajaran biologi, Metode Deskriptif, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:37
Last Modified: 08 Sep 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7820

Actions (login required)

View Item View Item