PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 39 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MULYATI, TITI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 39 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB_I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Nilai rata-rata kelas ulangan semester II yaitu 65, dan nilai tersebut di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah untuk pelajaran matematika adalah 68. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif mengikutinya maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Model pembelajaran ini mendorong siswa menemukan konsep melalui kelompok penyelidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 39 Mataram dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, 1 pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 2 siklus terjadi peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 13,65 dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 16,99 dengan kategori aktif. Selain itu, rata-rata nilai evaluasi siswa berturut-turut dalam 2 siklus adalah 76,17 dan 82,23. Rata-rata nilai siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa aktif menemukan sendiri konsep-konsep yang ada dalam LKS sehingga materi yang dipelajari akan lama diingat. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): group investigation, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:35
Last Modified: 08 Sep 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7841

Actions (login required)

View Item View Item