PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN LAB VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X.

Sanggara, Putu Wira (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN LAB VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal (1) Putu Wira Sanggara (E1Q014038).pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Lab Virtual terhadap keterampilan generik sains fisika peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Kuripan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran POGIL berbantuan Lab Virtual dan kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data keterampilan generik sains dilakukan dengan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji-t polled varian dengan signifikansi 5%. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan Lab Virtual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains peserta didik dengan nilai ttabel = 2,00 < thitung =2,34, Kata kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): POGIL, Lab Virtual, Keterampilan generik sains,
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item View Item