MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE DUA TINGGAL DUA TAMU (DTDT) SISWA KELAS IV SDN KENAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SUMIATI, SUMIATI (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE DUA TINGGAL DUA TAMU (DTDT) SISWA KELAS IV SDN KENAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KAPER SKRIPSI Sumi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE DUA TINGGAL DUA TAMU ( DTDT) SISWA KELAS IV SDN KENAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe dua tinggal dua dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kenawa tahun pelajaran 2012/2013. Adapun penelitian ini adalah peelitian tindakan kelas ( PTK ) dalam penelitian ini yang menjadi variable tindakannya adalah model pembelajaran kooperatif. Sedangkan variable harapannya adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Kenawa sebanyak 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu ( DTDT ) adanya peningkatan aktivitas siswa maupun guru dengan presentase guru yaitu 85,4% siklus I dan 91,6% siklus II. Presentase pembelajaran oleh siswa yaitu 71,42 % siklus I dan 76,61 % siklus 2. Sedangkan hasil belajar 71,07 siklus I dan 6,61 siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 71,43% siklus I dan 89,29 % siklus II .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu ( DTDT ) aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item