MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN GERINTUK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ALIMAH, ALIMAH (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN GERINTUK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-3 IPS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilaksanakan selama ini sering mengalami kegagalan karena metode yang diterapkan guru tidak mengantarkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS dengan pendekatan jigsaw pada siswa kelas IV SDN Gerintuk. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa, prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan PTK, dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 24 orang anak, laki 11 orang dan perempuan 13 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif secara deskriptif. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran dengan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Gerintuk Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikalnya pada setiap siklus. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 71,67 dengan persentase ketuntasan 70% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 77,71 dengan persentase ketuntasan 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Jigsaw, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item View Item