MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENINTING TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ERWIANI, ERWIANI (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENINTING TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa yang disebabkan oleh kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran,serta penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan berjalan satu arah saja dalam pembelajaran. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa agar lebih aktif, tertarik,termotivasi, serta efektif mengikutinya, maka diterapkan salah satu metode pembelajaran yaitu “metode bermain peran” Metode bermain peran digunakan untuk membantu siswa agar lebih aktif dan membantu siswa dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Meninting dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus,setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Data aktivitas guru dan aktivitas siswa di peroleh melalui lembar observasi guru dan siswa yang di ambil pada tahap pelaksanaan pembelajaran IPS, dengan menggunakan metode bermain peran.Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal minimal 85% dari keseluruhan siswa yang mendapatkan hasil ≥ 65, aktivitas siswa minimal berkategori aktif, dan aktivitas guru minimal berkategori baik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 2 siklus terjadi peningkatan. Hasil penelitian siklus I dan II menunjukkan bahwa nilai aktivitas guru adalah 69,7% dengan kategori baik meningkat menjadi 93,9% dengan kategori sangat baik. Nilai aktivitas belajar siswa dalam kegiatan bermain peran adalah 68 dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 76 dengan kategori aktif. Sedangkan rata-rata hasil belajar IPS siswa adalah 61 meningkat menjadi 87 dan persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 62,5% meningkat menjadi 94,11%. Rata-rata nilai siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Meninting Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode bermain peran, hasil belajar IPS siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item