MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KARTU KOSONG PADA SISIWA KELAS II MI AL IRSYAD GENTANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nalum, Nalum (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KARTU KOSONG PADA SISIWA KELAS II MI AL IRSYAD GENTANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ACC.doc
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar matematika, dan mengatasi masalah siswa yang motivasinya masih rendah, maka perlu adanya metode baru dalam proses pembelajaran khususnya materi penjumlahan dan pengurangan. Permainan kartu kosong merupakan salah satu metode pembelajaran baru yang diterapkan dalam upaya mempermudah penanaman konsep bilangan, khususnya untuk menentukan dua bilangan penjumlahan dan pengurangan Sehubungan dengan itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode permainan kartu kosong untuk meningkatkan hasil belajar matematika?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematikan materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II Mi Al- Irsyad Gentang Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II Mi Al- Irsyad Gentang yang terdiri dari 14 orang. Data diperoleh dari data tes hasil belajar dan aktivitas siswa sedangkan tenik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil evaluasi belajar untuk siklus I adalah 72,14. Sedangkan skor aktivitas siswa diperoleh skor 17,97 dengan kategori cukup aktif. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 90,71 sedangkan skor aktivitas siswa diperoleh 24,48 dengan kategori sangat aktif. Dengan memperhatikan hasil serta indikator keberhasilan yang tercapai, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II karena target yang ditetapkan tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan kartu kosong dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II di Mi Al- Irsyad Gentang tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Permainan Kartu Kosong, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 Sep 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7894

Actions (login required)

View Item View Item