AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SAPIAH, BAIQ (2013) AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1 - 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media objek langsung pada siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Subyek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN Dondak dengan jumlah siswa 32 orang, siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Berdasarkkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus, dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media objek langsung dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa terlihat pada hasil observasi siklus I pertemuan I rata-rata 79,33 berkatagori cukup baik dan pertemuan II berkatagori cukup baik kemudian pada siklus II pertemuan I berkatagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan II berkatagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis dapat di tingkatkan dari siklus I dengan nilai rata-rata 65,5 menjadi 70,28 pada siklus II, dengan peningkatan 4,66. Secara kualitatif peningkatan kemampuan menulis narasi mampu ditingkatkan dari kategori kurang menjadi cukup, dari kategori cukup menjadi baik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan pada siklus II sebesar 90,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang, mengalami peningkatan 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, Media Objek Langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:31
Last Modified: 08 Sep 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item View Item