ANALISA PENGUKURAN KINERJA PELABUHAN LAUT LEMBAR BERDASARKAN KRITERIA KINERJA PELABUHAN

HASIPATUL MUNAH, DORIAH (2016) ANALISA PENGUKURAN KINERJA PELABUHAN LAUT LEMBAR BERDASARKAN KRITERIA KINERJA PELABUHAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DORIAH HASIPATUL MUNAH (F1A 012 032).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebuah pelabuhan dikatakan memiliki tingkat pelayanan yang baik jika waktu yang diperlukan untuk bongkar dan muat barang lebih singkat dari jadwal yang diberikan sehingga tidak mengganggu jadwal kapal-kapal lain yang akan berlabuh. Untuk mengetahui kinerja pelayanan dari suatu pelabuhan, perlu dilakukan suatu pengukuran semua kegiatan pelabuhan agar diperoleh suatu ukuran produk jasa semua komponen yaitu kinerja operasional pelabuhan yang dikelompokkan berdasarkan jenis layanan, terdiri dari kinerja pelayanan, produktivitas dan utilitas yang secara keseluruhan meliputi sembilan indikator jenis layanan. Untuk mengukur nilai indikator tersebut, dibutuhkan data primer meliputi data waktu kapal mulai memasuki kolam pelabuhan sampai dengan kapal melepaskan kembali tali tambatan dari dermaga. Data pendukung lain diperoleh dari instansi teknis terkait sebagai data sekunder. Analisis kinerja dilakukan sesuai dengan pedoman Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Laut khususnya kriteria kinerja untuk Pelabuhan Laut Lembar. Dari hasil analisis sembilan indikator dapat disimpulkan bahwa kinerja Pelabuhan Laut Lembar dapat dikategori cukup baik dari sisi pelayanan dan produktivitas. Sementara dari uttilitas pelabuhan, kinerja operasional pelayanan masih kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelabuhan laut, kinerja, indikator kinerja
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:31
Last Modified: 08 Sep 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item