HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

DINA SOFIANA HARYS, BAIQ (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Bq. Dina Sofiana HAris.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Se-Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif (korelasional). Populasi pada penelitian ini sebanyak 1133 siswa yang terdiri dari 5 gugus dengan jumlah sekolah sebanyak 26 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling probability sampiling dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster sampling (area sampling) dan didapat sampel sebanyak 296 siswa dengan jumlah sekolah sebanyak 13 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan df= 296 pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil 0,626 (rhitung) > 0,114 (rtabel), maka

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:29
Last Modified: 08 Sep 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item