PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT SISWA DI KELAS XI SMAN 1 MATARAM

RAUDATUS SOLIHAH, RAUDATUS SOLIHAH (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT SISWA DI KELAS XI SMAN 1 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari Intelligence Quatient (IQ) siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mataram. Rancangan metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu menggunakan desain penelitian pre-test pos-test nonequivalent control group design. Pre-test yang digunakan dalam penelitian ini adalah proxy-test Intelligence Quatient (IQ) yang telah di uji oleh ahli psikologi. Sedangkan untuk post-test menggunakan soal uraian untuk mengukur keterampilan proses sains. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Sains 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Sains 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel nonprobabilitas. Nilai rata-rata Intelligence Quatient (IQ) pada kelas eksperimen adalah 112 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 112. Proses pembelajaran dilakukan selama 12 x 45 menit. Rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen 82,40 sedangkan untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 74,83. Hasil penelitian signifikan (p) sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Investigasi Kelompok, Keterampilan proses sains, Intelligence Quatient (IQ)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Sep 2018 02:29
Last Modified: 08 Sep 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item